Berdasarkan Kesehatan Tak Banyak Yang Tahu ,Ternyata Buah Duku Punya 11 Manfaat

admin
Img 20240328 Wa0018

Lamongan-suarajokotingkir.com,
Buah duku atau lasdium parasitium merupakan buah yang masih satu keluarga dengan buah langsat. Rasanya manis, asam, dan terkadang sedikit pahit. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini rupanya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.
Menurut Kemenkes RI, buah yang memiliki daging tebal ini mengandung zat yang bermanfaat untuk tubuh. Dalam 100 gram buah duku mengandung Air 8,0 gram, Kalori 63 kkal, Protein 1,0 gram, Serat 4,3 gram, Lemak 0,2 gram, Karbohidrat 16,1 gram, Kalsium 18 miligram (mg), Fosfor 9 mg, Besi, 0,9 mg, Natrium 2 mg, Kalium 149 mg, Tembaga 0,09 mg, Seng 0,2 mg, Tiamin 0,05 mg, Ribaflavin 0,15 mg, Niasin 1,5 mg, dan Vitamin C 9 mg.Img 20240328 Wa0019
Kendati ukurannya kecil, buah satu ini kaya akan vitamin hingga antioksidan yang bagus untuk tubuh. Yuk simak apa saja manfaat dari buah duku.

1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat pertama dari buah duku yakni membantu mengontrol tekanan darah. Ini terjadi karena kandungan kalium dalam buah duku mampu menurunkan tekanan darah tingga serta mengendurkan otot pembuluh darah.

2. Menjaga Sistem Saraf dan Menambah Energi

Kandungan Vitamin B seperti tiamin, ribaflavin, dan niasin mampu membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi sekaligus menjaga keselarasana fungsi dari sistem saraf. Tak heran buah duku bisa menambah energi dan menjaga sistem saraf.

3. Bantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah duku lainnya yakni membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C pada buah duku meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat menjadi antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit.

4. Mencegah Tumor pada Kulit

Sesuai dengan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pre-Clinical and Clinical Research, kandungan flavonoid dalam buah duku juga diklaim bermanfaat untuk mencegah perkembangbiakan tumor pada kulit.

5. Mencegah Kanker

Manfaat lain dari buah duku yakni mampu mencegah kanker. Diketahui di dalam buah duku memiliki kandungan antimutagenik yang mampu mencegah perkembangbiakan sel kanker pada tubuh.

6. Antimalaria

Biji buah duku juga berpotensi menjadi obat malaria. Sebuah penelitian di Thailand dan Inggris yang diterbitkan dalam jurnal Phychemistry menyebut biji duku bis amenjadi obat malaria.

Dari penelitian itu ekstrak biji duku dapat dimafaatkan untuk mengobati penyakit malaria falciparum, penyakit malaria yang paling berbahaya.

Kendati demikian, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

7. Antibakteri

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan ahli farmakologi Universitas di Indonesia kandungan dalam buah duku memiliki sifat antibakteri.

Selain antioksidan, kandungan heksana, dan metanol pada buah duku dapat melawan infeksi bakteri.

8. Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Manfaat buah duku lainnya yakni mencegah infeksi jamur, termasuk candida albican yang menyebabkan infeksi saluran kemih.

Sebab dalam buah duku terkandung asam lansionat yang mampu mencegah infeksi

9. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor pada buah duku memiliki manfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Mineral yang terkandung dalam buah duku juga mampu menjaga tulang, sehingga tidak mudah kropos.

10. Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat lain dari buah duku yakni merawat kulit. Kandungan Vitamin C dan Flavonoid ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang membuat kulit terlindungi, tampak sehat, dan bercaaya.

Tak heran beberapa perusahaan kecantikan yang menambahkan ekstrak duku dalam skincare buatan mereka.

11. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat terakhir dari duku yakni membantu mempercepat penyembukan luka. Kandungan flavonoid dalam buah duku bertindak sebagai antiinflamasi yang mengurangi peradangan luka.

Tak hanya itu, buah duku juga memiliki sifat antibakteri yang mencegah luka infeksi dan memepercepat penyembuhan luka.

“Itulah 11 Manfaat dari buah duku untuk kesehatan ,kedati demikian masih perlu penelitian lanjutan manfaat buah duku ,Yang jelas hingga saat ini belum ada penelitian efek samping dari buah duku silakan coba semoga bermanfaat,

Pimred suarajokotingkir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *