Menjaga warisan Leluhur Dan Kebudayaan Desa Pohbogo Gelar Sedekah Bumi Dan Doa Bersama

Bojonegoro84 views

Bojonegoro, Suarajokotingkir.com – Seiring dengan melandanya covid-19, Desa-desa di Kabupaten Bojonegoro kembali menghidupkan kembali kegiatan – kegiatan kebudayaan lokal. Salah satunya kegiatan sedekah bumi atau Do’a Bersama dengan masyarakat setempat.

Di Desa Pohbogo, Kecamatan Balen, kabupaten Bojonegoro, sekitar pukul 09.30 wib warga berbondong – bondong datang ke Balaidesa guna melaksanakan kegiatan tradisi turun – temurun sedekah bumi dan Do’a bersama Sabtu 26/11/2022. Mereka membawa tumpeng/ambeng yang Isinya, makanan hasil bumi dan berbagai jajanan, setelah berdo’a bersama, mereka pun saling berbagi makanan yang di bawanya.

Menurut Kepala Desa Pohbogo Ismail “Sedekah bumi ini merupakan kegiatan tahunan di Desa Pohbogo, selain Do’a bersama di Balaidesa Pohbogo, kemudian juga ada hiburan untuk nguri-nguri seni budaya yakni Langen Tayup “Mardi Budoyo” dari Kanor pimpinan Ki Kasdam, dengan sinden waranggono Nyi Wantika dan Nyi Karniati, dan Pramugari Cak Gentho yang bertempat di balaidesa Pohbogo. “Ucap Ismail.

Sejak pandemi Covid-19 mewabah, lanjut dia, acara sedekah bumi di Desanya sebetulnya tetap ada, Tapi hanya dilaksanakan secara seremonial saja, serta tanpa ada hiburan seperti tahun ini atau tahun sebelum covid-19 mewabah. “Semoga Covid-19 segera berlalu, agar kegiatan melestarikan kebudayaan desa seperti ini terus hidup dan tidak hilang ditelan zaman,”

Pria yang saat ini telah menjabat kades satu periode ini berharap, selain sedekah bumi ini sebagai ungkapan wujud syukur masyarakat atas hasil bumi, kegiatan ini juga makin bisa mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar warganya.

” Sedekah ini adalah salah satu wujud syukur masyarakat atas hasil bumi selama satu tahun ini dengan saling berbagi makanan dan berdo’a bersama, dan semoga masyarakat kami diberikan kelancaran dan kesejahteraan dalam kehidupannya,” pungkasnya. (Mbh Wanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *